Selasa, 03 April 2012

Cara Menanamkan Sikap Pada Putra-Putri Anda

SIKAP berbagi pada anak sangat penting ditanamkan sejak dini. Ini perlu dilakukan agar sikap tersebut berkembang menjadi sebuah kebiasaan.

Agar sikap berbagi pada anak berkembang sejak dini, peran orangtua sangat dibutuhkan. Untuk itu, Anda perlu simak tip mendidik anak jadi pribadi yang murah hati, seperti dilansir Boldsky.

- Membentuk sikap berbagi pada anak bukan merupakan hal mudah. Berbagi merupakan sikap positif yang harus ditanamkan pada anak sejak dini.

- Saat anak bermain dengan balita lain, Anda dapat menanamkan sikap berbagi pada anak. Momen ini adalah kesempatan baik bagi Anda untuk membentuk anak menjadi pribadi yang murah hati.

- Saat bermain, sikap berbagi dapat dibentuk melalui contoh yang Anda praktikkan. Misalnya, Anda membeli sebatang cokelat untuk anak, kemudian  Anda  menyuruh anak untuk memberikan cokelat kepada teman-temannya yang saat itu sedang bermain bersama.

- Sikap berbagi ini perlu Anda tanamkan dan ajarkan kepada anak secara konsisten. Selain itu, Anda perlu memberi pengertian pada anak bahwa berbagi dengan sesama merupakan perbuat menyenangkan.

- Sesekali, Anda bisa memberi hadiah ketika anak telah berhasil berbagi makanan atau mainan pada sesama temannya. Atau, sebelum anak melakukan itu, Anda bisa menjanjikan hadiah kepadanya terlebih dulu.

- Cara lain untuk menanamkan sikap berbagi pada anak adalah Anda dapat menceritakan dongen atau cerita rakyat kepada mereka karena di dalamnya mengandung nilai-nilai kehidupan.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More