Selasa, 03 April 2012

Agar Anak Anda Mudah Bergaul & Memiliki Banyak Teman

BANYAK faktor yang dapat membuat anak tumbuh dan berkembang dengan baik. Salah satunya, memberi sedikit kebebasan agar mudah bergaul.

Sebab, anak yang punya banyak teman sesungguhnya dapat membawa dampak positif bagi perkembangannya. Lantas, cara didik seperti apakah yang harus ditempuh orangtua agar anak mudah bergaul dan memiliki banyak teman?

Untuk lebih jelas, Anda perlu simak pemaparan berikut seperti dilansir Boldsky.

Mengadakan pesta di rumah

Orangtua kerap tak sadar bahwa di sekitar lingkungan rumahnya terdapat banyak anak. Oleh karena itu, bila menemukan momen yang tepat, Anda dapat mengadakan pesta dan mengundang anak-anak di sekitar lingkungan rumah. Hal ini akan membuat anak Anda memiliki banyak teman dan mudah bergaul. Bila anak justru asik bermain komputer saat pesta di rumah berlangsung, Anda perlu melarang dia, sebab hal ini akan membuatnya memiliki sikap antisosial.

Ajaklah anak untuk ikut dalam permainan yang melibatkan banyak orang

Anda perlu mengajak anak untuk terlibat dalam sebuah permainan yang membutuhkan banyak orang. Sebab, bermain bersama teman akan memudahkan anak dalam bergaul. Selain itu, permainan juga membantu anak untuk menciptakan ide-ide baru.

Biarkan anak
berangkat dan pulang sekolah bersama teman-teman

Anda perlu memberi kesempatan kepada anak untuk berangkat dan pulang sekolah bersama teman-temannya.

Mendorong anak untuk belajar kelompok

Anda bisa mengizinkan anak belajar bersama teman-temannya, sebab hal ini dapat mempererat persahabatan mereka. Selain itu, belajar kelompok adalah salah satu solusi untuk menghindari rasa bosan pada anak saat belajar.

Ajarkan anak untuk berbagi

Anda perlu menyiapkan makanan kecil saat anak hendak pergi belajar kelompok. Kemudian Anda perlu menasihatinya bahwa dia harus membagi makanan tersebut kepada teman-temannya juga.

Sumber : Okezon.com

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More